Pelatihan Oleh PNP dan Bersiap Menjadi Nagari Digital

Mengembangkan desa berbasis digital menjadi target Presiden, lantaran desa-desa di seluruh Indonesia diproyeksikan Presiden Jokowi untuk menjadi sarana transformasi menuju Indonesia maju.”Desa digital menjadi sarana atau alat transformasi menuju Indonesia maju,” pungkas Budi Arie.

Pelatihan oleh PNP menuju Nagari Bayua Digital

Menyikapi hal tersebut, Wali Nagari Bayua, Hadi Fajrin, SH.i menjalin kerjasama dengan Politeknik Negeri Padang dalam upaya mencari solusi untuk mewujudkan nagari digital. Nagari Bayua mempunyai banyak potensi, baik itu dari potensi alamnya yang indah karena terletak di pinggir danau maninjau maupun potensi budaya dan wisata religi yang belum terekspose maksimal selama ini. Serta peningkatan pelayanan kepada masyarakatnya sangat terbantu jika Bayua sudah memanfaatkan teknologi digital, ujarnya, sewaktu penandatangan perjanjian kerjasama di Politeknik Negeri Padang (PNP), Senin, 23 Agustus 2021 yang lalu.

Permohonan ini disambut baik oleh Direktur Politeknik Negeri Padang, Dr. Surfa Yondri, “kami sangat berterima kasih sekali kepada Nagari-Nagari yang bekerjasama dengan Kampus, karena keberhasilan suatu kampus itu adalah disaat manfaatnya dirasakan oleh masyarakat. Oleh karena itu, kami siap membantu Nagari Bayua melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) PNP dan kami juga mengundang nagari-nagari yang lain untuk bekerjasama dengan PNP”, ujarnya.

Kepala P3M PNP, Dr. Yuhefizar langsung turun ke nagari Bayua dan melakukan kegiatan pengabdian di Nagari Bayua bersama beberapa orang staff dosen PNP. Kegiatan pengabdian di Nagari Bayua terdiri atas 2 kegiatan, yaitu Pembuatan Website Resmi Nagari beserta pelatihannya dan Pembuatan website Sistem Informasi Nagari beserta pelatihanya. Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan pada hari Minggu, 29 Agustus 2021 tersebut dihadiri juga oleh M. Ikhsan Yusda Dt. Rky. M, SH.LLM, Variyetmi Wira, SE., M. Si, Yenida, SE. Msi, dan Lilimiwirdi, SS., Mhum.

Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan mulai jam 09.00 s.d 14.00 di Balairong Nagari Bayua tersebut juga dihadiri oleh Tenaga Ahli Pendamping Desa Kab. Agam, Bapak Yosnofrizal, Walinagri dan segenap perangkatnya serta Badan Musyawarah (Bamus). Dalam sambutannya, Wali Nagari menyampaikan bahwa “Nagari Digital sudah menjadi kebutuhan saat ini, mau tidak mau kita harus bersiap menuju nagari Digital, kalau tidak kami akan tertinggal”, ujarnya, apalagi sekarang, setiap ada kompetisi desa tingkat nasional, yang ditanya website desa/nagarinya sudah ada apa belum ? pelayanan nagarinya? Apalagi dalam masa pandemi covid yang membatasi pertemuan tatap muka, maka pelayanan berbasis digital menjadi solusi yang tepat saat ini, katanya. Hal senada juga disampaikan oleh Sekreataris Bamus yang juga hadir dalam kegiatan tersebut.

Sementara itu, Tenaga Ahli Pendamping Desa, Bpk. Yos menyampaikan bahwa ini juga bagian dari tupoksinya, bagaimana mengajak nagari untuk inovatif dan kreatif dalam menjalankan roda pemerintahan dalam masa pandemi. Termasuk juga dalam penggunaan dana desa, bisa dialokasikan untuk pelatihan-pelatihan untuk peningkatan kualitas SDM, termasuk pelatihan digitalisasi ini, desa bisa menganggarkanya sesuai aturan yang berlaku, pungkasnya.

Berita terkait:

https://p3m.pnp.ac.id/nagari-bayua-menuju-desa-digital/

https://www.valoranews.com/berita/16317/nagari-bayua-bersiap-menuju-desa-digital-bersama-tim-pnp.html

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.